JANGAN TIDUR DI PAGI HARI

WARNING


Kali ini saya ingin berbagi sedikit pengetahuan yang harus diketahui dan dapat dijadikan bahan pertimbangan buat Anda dan saya khususnya, yakni mengenai tidur di pagi hari...
Banyak orang bilang tidur itu memang enak namun harus sesuai dengan porsinya... kayak mw makan aja pake porsi,, maksudnya ada jam-jam tertentu

Tidur yang Gelisah
Berikut adalah beberapa Dampak Negatifnya :

1. Masalah metabolisme
Jika Saudara tidur terlalu lama, tubuh tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya. Anda akan merasa lapar dalam jangka waktu lama dan hal ini mempengaruhi kecepatan metabolisme. Hal ini akan membuat bobot tubuh meningkat.

2. Lesu
Tidur berlebihan akan membuat Saudara merasa lesu karena metabolisme terganggu oleh karenanya proses pnyerapan energi terhambat.

3. Kehilangan waktu produktif
Para ahli menganggap pagi hari adalah waktu paling produktif karena pikiran Saudara masih segar. Jika Anda tidur terlalu lama maka akan akhirnya kehilangan banyak waktu produktif dalam sehari. Sehingga, Anda harus menyelesaikan pekerjaan sampai larut malam dengan terburu-buru.

4. Disorientasi
Tidur terlalu lama membuat Saudara sulit berkonsentrasi dalam waktu lama. Kecuali, setelah bangun tidur Anda langsung berolahraga. Lalu, karena metabolisme tidak bisa berhenti otak akan membuat Saudara merasa lapar.

5. Sakit kepala
Cairan serebrospinal bergerak ke otak ketika Saudara tidur terlalu lama. Kondisi ini, jika berlangsung dalam waktu lama dapat menyebabkan sakit kepala parah dan bahkan menyebabkan kebutaan. Jadi, pikirkan lagi jika Saudara ingin tidur lebih lama.


6. Penyakit Kuning ( Hepatitis)
Tidur di pagi hari apa bila menjadi suatu kebiasaan maka dapat berdampak buruk bagi kesehatan terutama bagi organ dalam tubuh yang berfungsi membuang racun.... ya contohnya Hati (Hepar) pada bagi hari seharusnya tubuh mengeluarkan racun atau toksin dalam tubuh baik itu berupa urine, tinja, bahkan keringat. Jika kita memiliki kebiasaan tidur pagi yang berkelanjutan maka harus segera dihentikan karena Anda dapat terkena penyakit kuning yakni dimana disfungsinya organ hati karena tidak mampu menawarkan racun di dalam tubuh. Untuk itulah di pagi ataupun subuh hari kita dianjurkan untuk bangun pagi, minum air putih dan berolah raga yang teratur.

Menurut para salaf, tidur yang terlarang adalah tidur ketika selesai shalat shubuh hingga matahari terbit. Karena pada waktu tersebut adalah waktu untuk menuai ghonimah (pahala yang berlimpah).
Kesianganrezekinya di patok ayam nanti... bangun.... bangunnn

BAHAYANYA KALAU TIDUR DI PAGI HARI


  • Tidak sesuai dengan petunjuk Al Qur'an dan As Sunnah.

  • Bukan termasuk akhlak dan kebiasaan para salafush sholih (generasi terbaik umat ini), bahkan merupakan perbuatan yang dibenci.

  • Tidak mendapatkan barokah di dalam waktu dan amalannya.

  • Menyebabkan malas dan tidak bersemangat di sisa harinya.

Maksud dari hal ini dapat dilihat dari perkataan Ibnul Qayyim. Beliau rahimahullah berkata, "Pagi hari bagi seseorang itu seperti waktu muda dan akhir harinya seperti waktu tuanya." (Miftah Daris Sa'adah, 2/216). Amalan seseorang di waktu muda berpengaruh terhadap amalannya di waktu tua. Jadi jika seseorang di awal pagi sudah malas-malasan dengan sering tidur, maka di sore harinya dia juga akan malas-malasan pula.

  • Menghambat datangnya rizki.
Ibnul Qayyim berkata, "Empat hal yang menghambat datangnya rizki adalah [1] tidur di waktu pagi, [2] sedikit sholat, [3] malas-malasan dan [4] berkhianat." (Zaadul Ma’ad, 4/378)

[Keenam] Menyebabkan berbagai penyakit badan, di antaranya adalah melemahkan syahwat. (Zaadul Ma’ad, 4/222)

tetapi dari pernyataan diatas ternyata ada juga waktu - waktu yang baik untuk tidur, bahkan sangat dianjurkan.

Waktu tidur yang paling bermanfaat yaitu :

[1] tidur ketika sangat butuh,[2] tidur di awal malam –ini lebih manfaat daripada tidur di akhir malam-,[3] tidur di pertengahan siang –ini lebih bermanfaat daripada tidur di waktu pagi dan sore-. Apalagi di waktu pagi dan sore sangat sedikit sekali manfaatnya bahkan lebih banyak bahaya yang ditimbulkan, lebih-lebih lagi tidur di waktu ‘Ashar dan awal pagi kecuali jika memang tidak tidur semalaman.


Nah bagaimana sodara, masih mau tidur pagi?
mari kita benahi diri dan prilaku dan tak lupa kita sampaikan kepada keluarga dan teman2
Semoga bermanfaat
Wassalamualaikum wr.wb


Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESUME ISI UNDANG-UNDANG APARATUR SIPIL NEGARA UU NOMOR 5 TAHUN 2014

Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya Jadi Minapolitan